Wednesday, January 28, 2015

Langkah dan Tahapan Budidaya Jahe

Selanjutnya setelah tahapan krusial terkait manajerial budidaya telah berhasil kita petakan, maka untuk langkah selanjutnya adalah terkait dengan langkah dan tahapan teknis budidaya jahe. Bagi calon pembudidaya yang belum membaca tahapan persiapan budidaya jahe, silahkan anda baca ulasan di jahepedia secara berurutan, karena materi sudah disusun secara berurutan untuk memudahkan anda memahami step by step budidaya jahe.

Berikut ini Jahemedia akan memberikan contoh langkah tahapan budidaya jahe dengan skala bisnis komersial. Untuk lebih mudah dalam memberikan gambaran, silahkan pelajari gambar bagan berikut ini

 
Berdasarkan gambar bagan diatas, Jahemedia akan melakukan pembahasan pada point-point yang penting saja. Untuk ulasan lebih detail dan lebih lengkap, bagi calon pembudidaya yang serius atau ingin masuk bidang agrobisnis, silahkan klik link dibagian akhir konten paparan ini.

Penetapan Teknis Tanam Budidaya Jahe
Kebanyakan teknis tanam jahe yang di paparkan dalam internet pada umumnya ada 2 teknis tanam. Dan yang paling banyak menjadi viral di kalangan calon pembudidaya adalah teknis tanam jahe menggunakan polibag.  Banyak pihak yang tidak mempunyai kompetensi dan kapabilitas dalam budidaya jahe memberikan informasi menyesatkan melalui budidaya jahe dalam polibag.

Berdasarkan pengalaman Jahemedia selama lebih dari 5 tahun, untuk teknis penanaman jahe ada 5 macam teknis tanam. Masing-masing teknis tanam dapat diaplikasikan menyesuaikan dengan kondisi dan target spesifikasi yang diharapkan. Dapatkan e-book panduan lengkap budidaya jahe 4 teknis tanam dengan klik dilink >>> bibit jahe Jahemedia >>>

Jadi tidak benar informasi bahwa penanaman jahe dengan metode budidaya jahe dengan polibag akan lebih menjanjikan dibandingkan dengan metode budidaya yang lainnya. Ada 12 faktor yang mempengaruhi optimalisasi budidaya, dan metode tanam hanya 1 dari 12 faktor tersebut, jadi klaim pihak yang mengatakan bahwa budidaya jahe dengan polibag akan mendapatkan hasil optimal adalah statement dari pihak yang sudah dipastikan tidak mempunyai kapabilitas dan kompetensi dalam hal budidaya jahe.

Strategi Buffer Risk Budidaya Jahe
Hukum keuntungan dan resiko dalam bidang usaha apapun, menjadi seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, termasuk dalam usaha budidaya jahe. Diperlukan perencanaan buffer risk agar dalam setiap usaha budidaya jahe yang kita jalankan, dengan tujuan agar resiko budidaya lebih terkalkulasi.

Salah satu skema buffer risk dalam budidaya adalah dengan memilih referensi budidaya yang valid dan reliabel. Untuk contoh skema buffer risk ini, Jahemedia akan menyajikan lebih detail didalam e-book panduan budidaya jahe lengkap yang bisa anda dapatkan dengan ketentuan seperti tercantum dalam link >>> bibit jahe Jahemedia >>>

Pengukuran Index Budidaya Jahe
Pengukuran index budidaya jahe dilakukan dengan mencari index berupa angka kebutuhan pos-pos biaya budidaya dalam satuan tertentu, yang digunakan untuk simulasi perhitungan analisis ekonomi budidaya jahe yang akan dijalankan. Tujuan dari pengukuran index ini adalah agar pembudidaya mendapatkan nilai efisiensi dan efektifitas budidaya jahe.

Kelompok pos-pos budidaya jahe yang dilakukan pengukuran index adalah :
  1. Pos sarana produksi budidaya jahe (bibit, pupuk, sewa lahan, sarana produksi lainnya)
  2. Pos tenaga kerja (olah lahan, penanaman, perawatan)
  3. Pos panen (tenaga kerja, repacksi hasil panen, dan packing/pengiriman hasil panen)
Untuk mengetahui lebih detail mengenai cara pengukuran index budidaya jahe dan pos-pos yang diukur dalam pengukuran index, Jahemedia akan sajikan didalam e-book panduan budidaya jahe lengkap. Untuk mendapatkannya silahkan klik link >>> bibit jahe Jahemedia >>>

Pembuatan Economic Analisys Budidaya Jahe
Penyajian Economic Analisys budidaya jahe merupakan tahap lanjutan setelah kita berhasil melakukan pengukuran index budidaya melalui incubator budidaya. Hasil perhitungan dalam economic analisys berupa :
  1. Analisa perhitungan Break Event Point (BEP) budidaya jahe (BEP bobot panen, BEP harga)
  2. Analisa perhitungan working capital dan investment capital budidaya jahe
  3. Analisa perhitungan Payback Periode budidaya jahe
  4. Analisa perhitungan panen budidaya jahe
  5. Analisa perhitungan  margin budidaya jahe
Dari analisa tersebut, diharapkan kita mampu mengukur kelayakan budidaya jahe yang akan dijalankan.

Pemesanan bibit jahe dan pengadaan pupuk
Dalam prakteknya kebanyakan pembudidaya khususnya yang baru terjun dalam budidaya jahe, menjalankan olah lahan terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan bibit jahe dan pengadaan pupuk. Tahapan ini adalah salah dan bisa berakibat mengalami kerugian sebelum budidaya dilakukan. Tahapan yang benar adalah pemesanan bibit dan pengadaan pupuk dilakukan sebelum pengolahan lahan.

  • Studi kasus : Jahemedia pernah diundang oleh sebuah perusahaan pakan ternak besar untuk melakukan setting ulang budidaya jahe, yang akan dilaksanakan melalui program CSR dengan memanfaatkan space lahan yang dimiliki untuk budidaya jahe. Tenaga pelaksana telah melakukan olah lahan sampai dengan membuat bedeng / bubun tanah sebagai tempat untuk penanaman jahe. Setelah pekerjaan tanah selesai dan rapi, mereka baru melakukan pembelian bibit jahe. Dikarenakan kebutuhan bibit jahe dalam jumlah besar, maka mereka melakukan pemesanan kepada penjual bibit yang mereka tunjuk. Dalam waktu menunggu pesanan bibit jahe disiapkan, bedengan tanah tererosi oleh hujan, angin dan getaran pergerakan tanah, sehingga mereka harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaiki bedengan/bubunan tanah tempat untuk penanaman jahe. Permasalahannya tidak cukup berhenti disitu, ternyata vendor bibit yang mereka tunjuk tidak dapat memenuhi schedule pengadaan ditambah lagi pupuk kandang belum terfermentasi, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pengolahan lahan sebanyak 2 kali menjadi inefisien.
Dari studi kasus diatas, tentunya jangan sampai kejadian tersebut menimpa calon pembudidaya yang lain. Untuk itu lakukan pemesanan bibit jahe dan pengadaan pupuk terlebih dahulu sebelum olah lahan.

Bahasan selanjutnya adalah cara menghitung rencana anggaran budidaya jahe melalui posting analisa perhitungan budidaya yang disajikan dalam link berikut ini >>> bibit jahe jahemedia >>>

Related Posts

Langkah dan Tahapan Budidaya Jahe
4/ 5
Oleh