Saturday, January 24, 2015

Bibit Jahe Unggul dan Bibit Jahe Yang Baik

Dibutuhkan parameter obyektif yang bisa digunakan untuk menentukan bibit jahe unggul dan bibit jahe yang baik, Jahemedia mengamati dalam hal pola penentuan keunggulan bibit jahe yang baik, pada umumnya calon pembudidaya masih berpatokan pada nama varietas.

Dalam hal menentukan dan mendapatkan bibit jahe yang bagus, Jahemedia lebih cenderung menggunakan acuan  :
  1. Spesifikasi teknis yang ditetapkan oleh lembaga formal yang sudahmempunyai kompetensi
  2. Proses standar berdasarkan pengalaman yang didapat dan dipahami yang telah dilakukan komparasi perlakuan 

Perlu dipahami bersama dalam hal budidaya secara umum, ada 12 faktor yang menentukan keberhasilan budidaya tersebut. Bibit adalah salah satu faktor yang tekait dengan keberhasilan budidaya, artinya optimalisasi budidaya tidak hanya ditentukan oleh bibit saja. Begitu juga dalam hal budidaya jahe, untuk mendapatkan bibit jahe berkualitas siap tanam silahkan klik >>> bibit jahe jahemedia >>>

Dalam merencanakan dan mendapatkan bibit jahe unggul, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, antara lain :
  1. Penetapan varietas benih jahe yang baik dan sesuai dengan target tanam yang telah ditetapkan dalam perencanaan
  2. Penggunaan varietas benih jahe unggul dalam hal ini adalah sifat morfologi genetikanya, menjadi acuan dasar sebelum  melakukan langkah proses standar untuk mendapatkan bibit jahe unggul. Acuan penetapannya dapat digambarkan sebagai berikut :

Jahemedia sangat berharap lembaga formal dapat melakukan research dengan melakukan rekayasa genetika terhadap varietas jahe yang diharapkan mempunyai sifat morfologi genetis seperti dalam bagan diatas tersebut.

Dalam hal benih jahe unggul, Jahemedia akam menyampaikan kelas benih sebagai bahan referensi untuk calo pembudidaya :
  1. Benih dasar
  2. Benih pokok
  3. Benih sebar

Benih tersebut diklasifikasikan oleh lembaga formal yang kompeten, yang biasanya ditandai dengan label yang dikeluarkan oleh lembaga tersebut. Benih dasar berlabel putih, benih pokok berlabel ungu, benih sebar berlabel biru. Label benih tersebut biasanya digunakan untuk kepentingan administratif dalam lelang pengadaan benih.

Selanjutnya akan dibahas tentang proses cara mendapatkan bibit jahe yang baik dari rimpang benih jahe unggul. Ikuti terus paparan yang ada di Jahemedia, lebih baik kalau anda bisa membaca secara berurutan karena konten ini telah disusun secara berurutan agar memudahkan anda untuk menemukan pintu gerbang budidaya jahe.  Untuk informasi dan referensi proses membuat bibit jahe yang baik silahkan klik link >>> bibit jahe jahemedia >>>

Related Posts

Bibit Jahe Unggul dan Bibit Jahe Yang Baik
4/ 5
Oleh